Opini

Terimakasih Kamu Sudah Melakukan yang Terbaik

Malang lndopersnews.com Hidup adalah perjalanan tiada ufuk, yang mana tidak memiliki akhir hingga orang itu meninggal. Psikologi mental harus terjaga kesehatannya, karena jika tidak maka akan seseorang itu mengalami stress dan mental down. Sebagaimana yang terdapat dalam buku “The Journey Is a Mess, But This Is Me Trying”, bahwa membohongi diri sendiri itu sepertinya adalah hal yang paling menyenangkan.

Kisah-kisah yang ada dalam buku ini, mengajarkan kita untuk selalu kuat dan tegar dalam menjalani masalah kehidupan yang datang menghampiri kita. Didalam buku ini dijelaskan bahwa mereka berusaha menutupi kenyataan yang ada, yang mana tidak ingin mereka terima kenyataan itu. Hal ini sangat berpengaruh terhadap Kesehatan mental kita. Pasalnya kita akan bersandiwara dengan diri kita sendiri. Ekspresi-ekspresi yang selalu dimunculkan didepan semua orang oleh diri kita sangatlah menguras tenaga dan pikiran kita. Kita sudah harus bersandiwara dengan diri kita dan orang lain pastinya.
Buku ini terdapat motivasi-motivasi hidup dalam perspektif diri sendiri yang dikemas secara menarik dan disusun menurut permasalah yang sedang kita hadapi, sehingga memudahkan kita untuk mencari motivasi yang sedang kita butuhkan pada saat mental benar-benar membutuhkan motivasi itu.

Buku ini juga banyak memberikan pelajaran bagi diri sendiri, terutama bagi seseorang yang bisa kita anggap memiliki mental yang lemah. Buku ini dapat mengajarkan kita yang memiliki mental lemah untuk kuat dan tegar dalam menghadapi semua persoalan hidup ini.
Dari berbagai motivasi yang tertuang dalam buku tersebut, terdapat satu motivasi yang menurut saya sangat menyentuh dan relate dengan kehidupan yang saya alami pada saat ini, yaitu motivasi yang berjudul Thank You, you did your best. Pada bagian ini menjelaskan bahwa tubuh dan jiwa kita yang sudah melangkah jauh kesana kemari, walaupun kadang kita berhenti sejenak saat kita lelah namun tidak menyerah bahkan sampai detik ini. Diri kita telah berhasil berdiri dan bangkit kembali, walaupun sesekali kita terjatuh lagi namun semangat untuk bangkit itu tidak pernah pudar dan tidak menyerah begitu saja. Walau banyak rintangan dan situasi yang tidak kita benci dihadapkan dalam hidup kita, walau sesekali kita menangis. Namun semesta tahu jika kita berusaha untuk kuat, hingga pada akhirnya kita menemukan satu titik kebahagian itu.

Terimakasih aku ucapkan pada jiwa dan raga ini karena sudah mau berjuang bersamaku hingga kita mencapai titik itu. Hal ini menurut saya dianggap sangat sesuai dengan keadaan yang saya alami jika dikaitkan dengan keadaan saat ini. Motivasi ini menjadi bentuk ucapan terimakasih kepada diri saya karena telah mau menghadapi rintangan hidup hingga mencapai titik pencapaian itu dengan baik.

Misyka Zahra sebagai penulis buku ini juga menyampaikan bahwa “Banyak yang harus kita syukuri, meskipun banyak pula yang hilang”. Jadi, kita harus mensyukuri semua yang telah kita dapat dari tuhan, meskipun hal itu tidak selamanya kondisi yang baik dan senang-senang saja. Karena dari semua kondisi itu terdapat makna dan hikmah yang dapat kita petik didalamnya. Walau rintangan dan tantangan yang ada, tidak membuat kita menyerah begitu saja. Kesedihan yang kita hadapi saat ini mungkin hanya sebagian kecil saja yang suatu saat ada yang lebih besar dan rumit kondisi yang kita hadapi nantinya. Maka untuk itu, kita harus menikmati setiap prosesnya yang datang lalu pergi adalah hal yang biasa dalam sebuah kehidupan, hanya saja bagaimana kita menyikapi kondisi tersebut.

Kuat tidaknya mental kita untuk menghadapi hal itu. Serta dalam sebuah kejadian pasti ada hikmah yang dapat kita petik, dan menjadi sebuah pelajaran bagi kita untuk menjalani kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya.
Pelajaran yang dapat kita ambil dari buku motivasi ini yakni, perihal bagaimana kita dapat menghargai lagi semua masalah yang sedang kita hadapi, karena didalam hidup ini pasti ada masalah dan rintangan yang menghalang jalan kita. Semua itu dianggap sebagai bumbu-bumbu kehidupan ini, kejadian pahit manis dalam kehidupan mengajarkan kita bagaimana makna kehidupan yang sebenarnya didunia ini. Kita harus bisa berusaha bangkit dari kondisi keterpurukan itu serta bisa lebih memilah dan memilih lingkungan yang baik.

Pertemanan juga salah satu faktor yang berpengaruh bagi kesehatan mental kita, karena jika kita masuk kedalam sircle perteman yang kurang baik hal itu menjadi toxic bagi kita sendiri. Maka dari itu pertemanan juga memiliki peranan yang cukup besar dalam hal ini, mencari teman yang benar-benar bisa dijadikan sebagai tempat curhat dan meminta saran yang baik mengenai permasalahan yang sedang kita hadapi.
Selain dari diri kita sendiri, kita juga perlu dorongan dari orang lain sebagai penyemangat kita. Hal itu bisa kita dapatkan dari keluarga, sahabat, lingkungan sekitar yang baik. Karena jika hanya dorongan dari kita sendiri itu tidak cukup, kita juga butuh dorongan dari luar yaitu orang lain. Hal ini berpengaruh bagi kesehatan mental dan jiwa kita. Dukungan positif dari orang-orang memberikan energi yang positif juga bagi pikiran kita.

Nadhifatur Rizqien , Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.

Reporter pujo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *