Latihan Bersama ala Relawan, Mantapkan Skill Pertolongan Pertama

INDOPERS Pamekasan.
Meningkatkan kemampuan dan kapasitas sebagai seorang relawan adalah penunjang peran dalam pengabdian di masyarakat. Terutama dalam menghadapi kasus kecelakaan dan bencana yang ditemui.

Bertempat di Lapangan Ex. Karesidenan Pamekasan, jalan Slamet Riadi 1 Pamekasan, Jawa Timur, puluhan relawan nampak serius mengikuti materi Latihan Bersama Latber, Pertolongan Pertama ini.

Peserta Latber kali ini diikuti anggota RAPI 19, FPTI Pamekasan, RAPI Rider Jatim, FRPB Sampang, Saka Wira Kartika Kodim 0826, Rimbawan Madura dan Saka Bhayangkara. Serta nampak juga perwakilan Komunitas Motor juga berbaur menimba ilmu kedaruratan ini.

“Setiap relawan diharapkan bisa berkapasitas dalam pertolongan pertama. Sebab, hal ini akan bermanfaat sewaktu waktu saat kita ada di jalan atau dilingkungan,” ungkap Dian Cahyanti, mentor Latber dari FRPB Pamekasan, Minggu siang.

Banyak materi yang diberikan pada kesempatan itu, ungkap relawan yang juga sebagai Bidan ini. Antara lain, cara penanganan patah tulang, penanganan luka dan pemberian nafas buatan. Juga, dimantapkan cara yang benar untuk transportasi evakuasi korban dengan manual atau tandu.

Itu semua dipandang perlu, agar kehadiran relawan benar benar bermanfaat untuk masyarakat. Tentu dengan berbagai kapasitas dan keahlianya dalam menolong sesama. Meski dalam tahap pengetahuan medis dasar untuk saat ini.

Senada dengan itu, Mohammad Ali, Waka FRPB Sampang mengungkapkan bahwa kegiatan ini sederhana namun istimewa. Sebab, sangat bermanfaat bagi semua. Dengan alat seadanya dan adanya kemampuan, kita bisa menolong sesama tanpa harus nunggu tim medis untuk hal darurat.

“Terimakasih kami diberi ilmu dan kemampuan, pasti akan bermanfaat untuk kedaruratan dan membantu sesama yang kena musibah,” harapnya.muhklis.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: