Jokowi Lantik Enam Menteri dan Lima Wakil Menteri

indopersnews.com

Presiden Joko Widodo mengumumkan reshuffle kabinet dalam konferensi pers yang digelar Jokowi secara virtual dari Istana Merdeka, Selasa (22/12), Jokowi menjelaskan alasan mengapa ia melakukan reshuffle kabinet.

Masih bersamaan dalam konferensi pers presiden Joko Widodo juga memperkenalkan bersama dengan Wapres mengumumkan enam menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia Maju.

Hari ini presiden Joko Widodo resmi melantik lima wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan wakil menteri tersebut dilangsungkan bersamaan dengan pelantikan enam menteri baru Jokowi, yang digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Berikut nama 6 menteri yang baru di anggota kabinet Indonesia maju. Pertama yang diperkenalkan Jokowi adalah Tri Rismaharini alias Risma yang ditunjuk menjadi Mensos. Mantan walikota Surabaya selama dua periode.

Kedua beliau adalah dulu Wagub DKI, ketua HIPMI, saat ini beliau akan diberikan tanggung jawab memimpin Kementerian Parekraf, yaitu Sandiaga Uno.

Kemudian ketiga Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya menjabat sebagai wakil menteri BUMN dan Ketua Satgas PEN didapuk menjadi Menteri Kesehatan.

Yaqut Cholil adalah menteri keempat yang kita kenal sebagai ketua GP Ansor menjadi Menteri Agama untuk menggantikan Fachrul Razi.

Kelima, Wahyu Sakti Trenggono. Beliau sekarang ini Wamenhan dan akan di berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Terakhir, Dubes RI untuk AS M. Lutfi kembali diberikan kepercayaan menjadi Menteri Perdagangan.

Pelantikan wakil menteri hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 76/M/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-202

Memimpin langsung pelantikan, Jokowi meminta kelima wakil menteri untuk mengikuti ucapannya saat melakukan sumpah jabatan. Lalu, Jokowi mulai membacakan sumpah jabatan dan diikuti oleh kelima wakil menterinya.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata mereka.

Adapun kelima nama wakil menteri yang dilantik Jokowi hari ini yaitu:1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan 2. Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM 3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan 4. Harfiq Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian 5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri BUMN
.(red)

Tinggalkan Balasan