BARA JP Way Kanan Temukan Dugaan Proyek IPAL 4 Unit di Kampung Lembasung Fiktip.

indopersnews.com_Way Kanan. Proyek pembangunan MCK kombinasi + IPAL Komunal Kampung Lembasung kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan tahun 2018 sebesar Rp ini400 juta dari Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Way Kanan terindikasi ada pekerjaan yang fiktip.

Hal itu mencuat setelah belakangan masyarakat setempat tidak memanfaatkan hasil pembangunan proyek tersebut diantaranya hasil pekerjaan IPAL dan saluran SR yang dilakukan kakam Lembasung 2018 Hasbi.

Ketua Bara JP Way Kanan Rahmat, mengungkapkan berdasarkan petunjuk pelaksana pembangunan dana Alokasi khusus bidang infrastruktur sub bidang sanitasi dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Way Kanan tahun 2018 ada beberapa kontrak kerja proyek dana alokasi khusus tersebut.

Diantaranya, pembangunan KMWC, pembangunan IPAL, Saluran SR dan Pembangunan Sumut Bor yang dianggarkan besaran dana senilai Rp400 juta.

Namun sayangnya, tambah Rahmat, berdasarkan hasil investigasi dan keterangan langsung ketua kelompok swadaya masyarakat (KSM) Kampung Lembasung Wagino ada sejumlah item pekerjaan yang tidak di bangunkan oleh kepala kampung Lembasung Hasbie.

“Pembangunan IPAL senilai Rp115.901.260.98. dan Saluran SR senilai Rp57.620.564.70 tidak ada sampai tahun 2021 ini. Artinya kuat dugaan kita dua item proyek alokasi dana khusus sanitasi PU Way Kanan 2018 tersebut tidak dikerjakan oleh kakam Hasbie,” tegas Rahmat, Rabu (27/1/2021).

Hasil keterangan KSM Wagino, lanjut Rahmat, dia hanya mengakui bahwa yang dia bangunkan sumur bor 1 unit, MCK kamar Mandi. Namun untuk IPAL dan saluran SR tidak ada. Anggaranya di kelola sama kakam Hasbie semua.

“Temuan ini segera akan kami sampaikan ke Kejaksaan Negeri Way Kanan maupun Kejaksaan Tinggi Lampung. Sebab adanya kerugian negara ratusan juta yang diduga di korupsi mantan Kakam Lembasung tersebut,” pungkasnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *